Sejarah Desa

Admin Desa 30 April 2014 03:20:39 WIB

Desa Andalan merupakan salah satu Desa dari 12 ( Dua Belas ) Desa yang ada di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara  dengan luas  2024,12 Ha, dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Laut jawa
  • Sebelah Selatan : Desa Salut
  • Sebelah Barat : Desa Akar-Akar dan Desa Gunjan Asri
  • Sebelah Timur : Desa  Sukadana dan Desa Batu Rakit,

Dan merupakan Desa hasil Pemekaran dari Desa Akar -Akar yang terdiri dari 6 (Enam) Dusun yaitu Dusun Embar-Embar, Dusun Batu Gembung, Dusun Dasan Gelumpang, Dusun Terbis, Dusun Batu Jingkiran dan Dusun Pawang Tenun.

 Terbentuknya Desa Andalan tidak terlepas dari  prakarsa dari tokoh dan masyarakat Desa Andalan dari 6 (enam) dusun yang tertuang dalam berita acara musyawarah Pembentukan Komite Pemekaran Desa Andalan pada tanggal 28 Desember 2014 yang berlokasi di Dusun Embar -embar,

dari hasil musyawarah terbentuklah komite pemekaran dengan Bapak Sukirman, S.Sos, sebagai Ketua Komite pemekaran dan Beberapa Tokoh ditunjuk sebagai Devisi devisi komite pemekaran seperti Bapak H.Mu’izul Muhtiar, Nurana, Amir Mahmud, Marzuki, Kepala Dusun yang akan dimekarkan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Masyrakat dan Tokoh Pemuda yang tergabung dalam devisi berperan untuk mensosialisasikan tentang pemekaran Desa dari Desa Akar –Akar diwilayah Dusun yang akan dimekarkan mulai dari Dusun Dasan Gelumpang dan Terbis pada tanggal 08 Januari 2015 berlokasi di Dusun Dasan Gelumpang, Dusun Batu Jingkiran dan Pawang Tenun pada tanggal 08 Februari 2015 di Dusun Pawang Tenun yang semuanya setuju untuk dimekarkan dari Desa Akar -Akar.

Nama Desa Andalan ditetapkan berdasarkan kesepakatan komite pemekaran dengan tokoh agama, tokah adat, tokoh Masyarakat,tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat dari 6 dusun yang akan dimekarkan dari Desa Akar –Akar pada tanggal 15 Februari 2015 di Dusun Batu Gembung.  Nama Desa Andalan diambil dari awalan kata ANDALI  Secara history pada zaman dahulu ada seorang tokoh pejuang Agama, Adat dan Budaya yang bernama Lokak ANDALI (Datoq ANDALI) pada masa kekuasaan Anak Agung yang makamnya dipemakaman Orong Bela Dusun embar – embar. Hasil musyawarah ini sangat direspon positif  oleh Pemerintah Desa Akar –Akar (Bapak  ATSAH, S.Pt), BPD Desa Akar – Akar (Agus Bambang, SPd Beserta Anggota), Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (Bapak Bupati dan wakil Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, dan Dr.H. Najmul Akhyar, SH,MH,) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Utara (khususnya Anggota DPRD Dapil Bayan yang berasal dari Desa Akar – Akar Bapak Ramedi & Bapak L.Moh.Zaki) , dan pada tanggal 12 juni tahun 2015, ditunjuklah Bapak Aripin, S.Sos sebagai Penjabat Sementara Kepala Desa Persiapan Andalan periode 2015-2016, dan Bapak Raden Sri Gede, S.Sos sebagai Penjabat Sementara Kepala Desa Persiapan Andalan sampai di defintipkan Desa Andalan Periode 2016-2021.

Desa Andalan didefinitifkan pada tahun 2020 dimasa Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara Bapak Dr.H. Najmul Akhyar, SH,MH dan Bapak H. Syarifudin, SH.MH. dan dimasa kepemimpinan Kepala Desa Akar – Akar Bapak Akarman,S.Sos, tepatnya pada tanggal 22 Juni tahun 2020 sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Utara Nomor 15 tahun 2020 tentang Pembentukan Desa Andalan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati Kepada semua Desa hasil Pemekaran se Kabupaten Lombok Utara pada hari ulang tahun Kabupaten Lombok Utara ke 12 pada tanggal 21 Juli 2020,dengan Kode Desa Nomor 5208042011 serta pusat Pemerintahan di Embar – Embar

Adapun nama – nama Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Andalan adalah sebagai berikut :

  1. ARIPIN, S.Sos                             : Penjabat Kepala Desa (Thn. 2015-2016)
  2. RADEN SRI GEDE S.Sos               : Penjabat Kepala Desa (Thn. 2016-2021)
  3. ARDI, S. Adm                             : Penjabat Kepala Desa (Thn. 2021 -2022)

Dokumen Lampiran : Sejarah Desa Andalan


Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi ANDALAN

tampilkan dalam peta lebih besar